(PREORDER) Asesmen Pembelajaran Sains (Penilaian Kompetensi Holistik Kurikulum Merdeka Belajar)

Penulis: 
Dadan Rosana, Didik Setyawarno, Eko Widodo, Maryati
ISBN: 
--
Harga: 
Rp140.000
SINOPSIS: 
mahasiswa Pendidikan Sains dalam mempelajari penilaian pencapaian kompetensi peserta didik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan berbagai teknik. Rumusan standar penilaian pendidikan dalah kriteria minimal mengenai mekanisme penilaian hasil belajar peserta didik, terdapat dalam Permendikbudristek No 21 Tahun 2022. Penilaian ini adalah proses pengumpulan data dan informasi untuk mengetahui kbutuhan belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik. Walau pun teknik-teknik penilaian tersebut telah lama dikenal di Indonesia, banyak di antara guru, dosen dan mahasiswa yang belum dapat melaksanakannya dengan baik. Petunjuk teknis ini disusun dengan maksud menyajikan informasi praktis mengenai teknik- teknik asesmen tersebut, bentuk-bentuk instrumen, contoh-contoh butir soal beserta rubrik penilaian dan langkah-langkah pengolahan nilai. Buku ini membahas secara detail bagaimana perencanaan, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporan hasil penilaian. Pelaksanaan penilaian dapat dilakukan sebelum, pada saat dan atau setelah pembelajaran. Pengolahan hasil penilaian, dapat dilakukan dengan menganalisis secara kuantitatif dan atau kualitatif terhadap data hasil pelaksanaan penilaian yang berupa angka dan atau deskripsi. Pelaporan hasil penilaian, dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar, berupa laporan hasil belajar yang disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian dan paling sedikit memuat informasi mengenai pencapaian hasil belajar Peserta Didik. laporan hasil belajar untuk pendidikan anak usia dini juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. Laporan hasil belajar tersebut tertuang dalam rapor atau bentuk laporan hasil Penilaian lainnya, sesuai dengan pedoman penilaian kurikulum merdeka belajar.
Kategori: