(Prapesan) EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING DALAM MENGELOLA BEBAN KOGNITIF PEMELAJAR PEMULA

Penulis: 
Endra Murti Sagoro & Rizqi Ilyasa Aghni
ISBN: 
--
Harga: 
Rp75.000,-
SINOPSIS: 
Dalam beberapa dekade terakhir, Cognitive Load Theory (CLT) berkembang menjadi salah satu kerangka teoretis paling berpengaruh dalam desain pembelajaran. Teori ini menawarkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana keterbatasan memori kerja memengaruhi proses belajar, dan bagaimana desain instruksional dapat dibuat lebih efisien. Di sisi lain,cooperative learning(CL) telah lama diakui sebagai pendekatan pedagogis yang mampu meningkatkan keaktifan siswa,kualitas interaksi sosial, serta pencapaian akademik. Namun, kajian yang mengintegrasikan CL dan CLT secara komprehensif masih relatif terbatas, padahal keduanya memiliki potensi saling melengkapi secara kuat. Buku ini berupaya menjembatani kesenjangan tersebut dengan menghadirkan analisis mendalam tentang bagaimana cooperative learning dapat dimanfaatkan untuk mengelolaintrinsic,extraneous, dangermane cognitive load. Melalui perpaduan teori, bukti empiris, dan aplikasi praktis di kelas, pembaca diharapkan mendapatkan pemahaman menyeluruh mengenai bagaimana desain pembelajaran kolaboratif dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif, efisien, dan bermakna.