Metodologi Pembelajaran Bahasa

Penulis: 
Maman Suryaman
ISBN: 
979-8418-87-5
Harga: 
Rp.60.000,-
SINOPSIS: 
Guru memiliki posisi yang amat penting di dalam pembelajaran bahasa. Ia berperan bukan saja sebagai transfer of knowledge, melainkan juga inspirator dan pendidik yang profesional. Guru bukan hanya sebagai penafsir kurikulum bahasa, tetapi juga sebagai pemakna dan pembuat kurikulum bahasa. Guru bukan hanya sebagai pengajar bahasa, melainkan juga sebagai pembelajar bahasa yang selalu haus akan perubahan dan pembaharuan. Guru bukan hanya sebagai pegawai, melainkan juga sebagai akademisi yang tak henti-hentinya menjadi pecerdas anak bangsa. Mengingat perannya yang amat penting, perlulah guru bahasa untuk selalu membangun literasi diri dan siswanya. Implikasinya, diperlukan berbagai referensi untuk meningkatkan profesionalitas dan akademiknya. Buku yang hadir ini di peruntukkan bagi guru-guru bahasa yang selalu ingin menjadikan pengajaran dan pembelajaranbahasa semakin bermakna dan mencerdaskan. Impian bahwa suatu saat masyarakat Indonesia yang literat tumbuh dengan baik, menjadi harapan dari pencerdasan bangsa. Oleh karena itu, disajikan berbagai hal terkait dengan pembelajaran bahasa dan bersastra sejak perencanaan sampai pada evaluasi dan tindak lanjutnya. Dikemukakan pula beragam paradigma pembelajaran bahasa sampai kepada strategi-strategi yang dapat dipilih. Di samping itu, dipaparkan pula mengenai sikap guru ketika menghadapi perubahan kurikulum bahasa.