Metode Penelitian Pendidikan

Penulis: 
Soenarto, dkk
ISBN: 
978-602-7981-00-3
Harga: 
Rp.48.250,-
SINOPSIS: 
Problem pembangunan pendidikan di Indonesia sangat komplek dan bersifat multdimensional. Pendekatan terhadap persoalan pendidikan dapat bersifat makro dan mikro. Namun demikian, pemahaman terhadap persoalan pendidikan tidak hanya bersifat teoritis, tetapi membutuhkan pemikiran kritis. Untuk memilih jawaban atas persoalan pendidikan di Indonesia membutuhkan kemampuan metodologis yang tepat. Sebagai ilmuwan seharusnya memberikan kontribusi pemikiran terhadap persoalan pendidikan di Indonesia berbasis penelitian. Dalam hal ini, kemampuan teoritis tidak cukup untuk bisa menjawab persoalan pendidikan. Sebagai peneliti, kemampuan metodologis sebagai dasar utama untuk memahami persoalan dan mencari jawaban atas persoalan yang di teliti dengan prosedur akademik yang tepat dan benar. Pemilihan metode penelitian tidak sulit ketika perumusan masalah dan tujuan penelitian dirumuskan dengan benar. Pilihan terhadap metode penelitian ditentukan oleh kemampuan peneliti untuk memahami berbagai konsep dasar dari metode penelitian. Dengan buku ini menggambarkan deskripsi tentang metode penelitian dalam pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Buku ini memberikan dasar awal yang cukup kuat untuk menentukan problem dalam penelitian, memahami kedudukan teori dalam penelitian, menentukan langkah-langkah dalam metode penelitian yang dipilih, menganalisis data secara kuantitatif dan kualitatif dengan tepat dan benar. Buku ini memberikan pemahaman yang komprehensif dalam metode penelitian pendidikan, sehingga mahasiswa yang sedang merancang skripsi, tesis dan disertasi sangat terbantukan dengan materi yang disajikan dalam buku dalam bahasa yang lugas dan komunikatif.