Pendidikan Karakter

Penulis: 
Darmiyati Zuchdi
ISBN: 
979-8418-63-8
Harga: 
Rp.50.000,-
SINOPSIS: 
Buku ini adalah serangkaian dengan tiga buku sejenis sebelumnya. Buku pertama berjudul Pendidikan Karakter: Grand Design dan Nilai-nilai Target (2009), buku kedua berjudul Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas (2010). Buku ketiga diterbitkan dalam rangka peringatan Dies Natalis UNY ke-47 tahun 2011 dengan judul Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik (2011). Penerbitan empat buku ini, yang insya Allah akan disusul dengan penerbitan buku-buku serupa, sebagai wujud komitmen UNY untuk bersinergi dengan segenap elemen bangsa dalam membentuk karakter terpuji/budi pekerti luhur/akhlak mulia. Sesuai dengan visi UNY, bertakwa, mandiri, dan cendekia, pembentukan karakter dilaksanakan secara sistemik melalui tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pendidikan karakter dimasukkan dalam program kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakulikuler serta dalam keseluruhan kehidupan sehari-hari dalam bentuk pengembangan kultur universitas. Program kurikuler meliputi pendidikan karakter yang disampaikan secara langsung melalui mata kuliah tertentu dan yang diintegrasikan dalam semua mata kuliah. Buku ini disusun dengan fokus pada konsep dasar dan implementasi pendidikan karakter di perguruan tinggi. Pendekatan pendidikan karakter yang digunakan bersifat komprehensif, dalam arti: (1) nilai-nilai yang dikembangkan cukup lupas, yang di tentukan secara kolektif oleh semua komponen perguruan tinggi, yaitu pimpinan, dosen, pegawai administrasi, dan mahasiswal (2) semua komponen perguruan tinggi bersinergi dengan orang tua dan pemuka masyarakat, bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan karakter dan pengembangan kultur; (3) metode yang digunakan meliputi dua metode tradisional, yakni inkulkasi (lawan indoktrinasi) dan keteladanan, serta dua metode kontemporer yaitu fasilitas nilai dan pengembangan soft skills;dan (4) tempat terselenggaranya pendidikan karakter, di samping di lembaga pendidikan juga di dalam keluarga dan masyarakat. Buku tersebut disusun ulang, diperkaya dengan teori yang relevan dan ditambah hasil penelitian tindakan pengintegrasian pendidikan karakter dalam perkuliahan dan pengembangan kultur UNY, yang dilaksanakan oleh para dosen UNY pada tahun 2011. Maka terbitlah buku yang sekarang di tangan para pembaca. Semoga Allah Swt. meridhoi semua upaya kita bersama untuk meningkatkan kualitas karakter bangsa Indonesia.