Manajemen Event Olahraga

Penulis: 
Sulistiyono
ISBN: 
978-602-4980-62-7
Harga: 
Rp55.000,-
SINOPSIS: 
Olahraga telah berkembang dinamis tidak hanya masalah bagaimana berlari, melompat, dan melempar tetapi telah berada pada sesuatu kegiatan kompleks yang melibatkan berbagai bidang keilmuan termasuk di dalamnya manajemen. Manajemen olahraga merupakan bagian rumpun ilmu keolahragaan yang telah berkembang pesat di negara-negara yang telah maju olahraganya, dan semakin spesifik di antaranya melakukan kajian terhadap bagaimana mengelola event (kegiatan) olahraga. Mengelola event olahraga membutuhkan keterampilan kognitif, afektif yang dapat dipelajari dan bukan keberuntungan. Keterampilan konseptual, teknikal, dan berhubungan dengan manusia dan keterampilan pendukung lainnya untuk menjadi manajer masih relevan diterapkan pada pengelolaan event olahraga, tetapi kekhususan-kekhususan keterampilan mengelola event olahraga yang harus diimplementasikan pada setiap fungsi manajemen dan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, sampai pengawasan dibahas lebih dalam pada buku ini. Isi buku terdiri atas ruang lingkup pembinaan olahraga, mengonsep sebuah event olahraga, event berkualitas yang memuaskan konsumen, mengelola keuangan pada event olahraga, memasarkan, dan sponsorship pada pengelolaan event olahraga, mengelola sumber daya manusia pada event olahraga, memimpin atau menjadi manajer event, dan terakhir mengevaluasi suatu event olahraga. Bahasan dengan bahasa yang mudah dipahami dan dekat dengan budaya olahraga semoga menjadi inspirasi pembaca untuk semakin mencintai dan mengimplementasikan keterampilan manajerial event olahraga dalam praktik pengelolaan olahraga.